Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Subur


Ada banyak cara untuk membuat rumah  tampil cantik dan menarik dengan menanam tanaman hias. Dengan menanan tanaman hias dirumah, Anda bisa mempunyai rumah yang senantiasa indah nan segar. Selain membuat indah dan segar tanaman hias akan membuat rumah Anda terasa nyaman dan enak dipandang. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda tanam untuk mempercantik rumah, dari tanaman berukuran kecil hingga sedang, dari yang berbunga hingga yang hanya berdaun saja. Anda bisa memilih tanaman hias yang sesuai dengan desain rumah Anda. Gunakan sejumlah tanaman yang tepat agar ruangan tidak terasa pengap atau terlalu ramai. Anda juga perlu memperhatikan tentang cara merawat tanaman hias agar tidak mudah layu atau mati. Perawatan tanaman di dalam rumah dan di luar rumah ternyata adalah dua hal yang berbeda. Tanaman di dalam rumah membutuhkan tenaga lebih untuk merawatnya.

1. Menggunakan Media yang Tepat

Cara merawat tanaman hias yang pertama dengan memilih dan menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias Anda. Sebelum mulai mengadopsi berbagai tanaman hias ke dalam rumah Anda, sebaiknya cari tahu dulu mengenai jenis media tanam apa saja yang cocok untuk tanaman tersebut. Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pot untuk menempatkan tanaman. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot memiliki kualitas yang bagus. Anda juga harus rajin memberi pupuk pada tanah. Ini akan membuat tanah bergizi sehingga kebutuhan makanan tanaman tercukupi.

2. Perhatikan Intensitas Air

Cara merawat tanaman hias yang kedua dengan memperhatikan intensitas air yang dicurahkan pada tanaman tersebut. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman sedikitnya seminggu sekali. Usahakan untuk menyiram tanaman secara teratur. Dalam menyiram tanaman, usahakan memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman dengan air yang terlalu banyak. Air yang tergenang di dalam pot malah akan membuat tanaman menjadi busuk. Anda harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

3. Pilih Tanaman yang Tepat

Cara merawat tanaman hias yang ketiga dengan memilih jenis tanaman yang tepat untuk dipelihara. Seperti yang Anda ketahui, saat ini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Tapi, usahakan memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25°C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias tersebut.

4. Keluarkan Tanaman Secara Teratur

Cara merawat tanaman hias yang keempat dengan selalu mengeluarkannya secara teratur. Hai ini terutama berlaku untuk jenis tanaman di dalam ruangan. Tak ayal jika semua tanaman membutuhkan sinar matahari. Seperti air, sinar matahari adalah hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Maka dari itu, Anda harus memastikan tanaman tersebut mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dengan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Cobalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

5. Perhatikan Kelembapan Udara

Cara merawat tanaman hias yang kelima dengan memperhatikan tingkat kelembapan udara di sekitar Anda. Anda perlu memastikan kelembapan udara yang didapatkan oleh tanaman berada pada level yang cukup bagus. Jika Anda menggunakan AC di dalam ruangan, hal ini akan membuat kelembapan udara menjadi berkurang. Tentunya akan membuat tanaman di dalam ruangan menjadi layu. Anda bisa meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman agar kelembapan udara di sekitar tanaman tersebut tetap terjaga.

6. Ganti Pot Secara Berkala

Cara merawat tanaman hias yang keenam dengan mengganti pot-pot tanaman Anda secara berkala. Semakin lama, tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu, Anda harus mengganti tanaman di dalam pot. Taruh tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik. Hal ini bertujuan untuk menghindari genangan air di dalam pot.

7. Pangkas Tanaman

Cara merawat tanaman hias yang ketujuh dengan rutin melakukan pemangkasan. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Maka dari itu, rawatlah tanaman Anda dengan sebaik mungkin. Jika daun tanaman sudah bertambah dan terlihat rimbun mengganggu, segera pangkas. Potong daun-daun yang rusak dan busuk. Dengan cara ini daun yang rusak dan membusuk tidak akan menyebar dan menginfeksi daun yang lain.

8. Selalu Bersihkan Tanaman

Cara merawat tanaman hias yang terakhir dengan selalu bersihkan tanaman-tanaman tersebut secara teratur. Seperti kita ketahui, debu bisa hinggap di mana-mana, termasuk pada tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya, pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selain itu, debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan dari tanaman itu sendiri. Untuk membersihkan tanaman dari debu sangatlah mudah. Anda bisa membersihkannya dengan penyemprot tangan. Sumber Informasi tentang tentang tata cara merawat tanaman dari Merdeka,com


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Service Komputer

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.