China Mulai Mengembakan Teknologi 6G buat Memadu Senjata Hipersoniknya

 

Para ilmuwan China telah menyampaikan bahwa mereka telah membuktikan senjata hipersonik bisa menggunakan teknologi 6G untuk berkomunikasi dan medeteksi sebuah target, Teknologi 6G diyakini bisa memecahkan beberapa masalah untuk memadu senjata hipersonik pada lima kali kecepatan suara atau lebih cepat.

Terobosan terbaru ini memiliki implikasi pada efektivitas senjata dan sistem pertahanan dan dapat mengarah pada “peningkatan kritis dalam pertahanan luar angkasa China”, menurut tim yang dipimpin Profesor Yao Jianquan, salah satu ilmuwan laser ternama di China.

Makalah mereka tentang eksperimen diterbitkan dalam Journal of National University of Defence Technology pada Selasa 25/01/2022. Pata tim terdiri dari peneliti di Tianjin mengatakan telah mencapai "penetrasi penuh" dari perisai plasma pemblokir sinyal di sekitar senjata hipersonik dengan gelombang elektromagnetik.

Senjata hipersonik mengalami kesulitan menjaga komunikasi dengan dunia luar karena panas, gas terionisasi muncul di permukaannya dan menghalangi gelombang elektromagnetik. Masalahnya – yang dikenal sebagai “black barrier” – juga menyangkut aplikasi pertahanan karena radar berbasis darat tidak dapat mengidentifikasi dan mengunci target hipersonik di belakang tempat penampungan plasma.

Profesor Yao Jianquan dan rekan-rekannya terdiri dari jurusan instrumen presisi dan teknik optoelektronika di Universitas Tianjin mengembangkan sebuah perangkat laser yang dapat menghasilkan pancaran gelombang elektromagnetik secara terus menerus dalam pita terahertz, rentang frekuensi antara gelombang mikro dan inframerah yang juga digunakan untuk teknologi komunikasi 6G pada generasi berikutnya.

Hasil saat percobaan di lapangan menunjukkan gelombang terahertz dapat dengan mudah masuk dan keluar dari plasma yang dihasilkan senjata hipersonik dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara atau bahkan lebih cepat "seolah-olah black barrier tidak ada", jelas para ilmuwan tersebut dalam makalah tersebut, dikutip dari South China Morning Post, Jumat (28/01/2022).

Radiasi Terahertz dapat menembus material. Pemindai ada seluruh tubuh yang menggunakan teknologi ini dapat digunakan di beberapa bandara untuk mendeteksi barang-barang yang tersembunyi di bawah lapisan kain atau pakaian. Teknologi ini telah dipelajari secara intensif untuk pemanfaatan kemajuan di dunia militer, seperti radar untuk deteksi pesawat siluman atau komunikasi berkecepatan tinggi di luar angkasa. Tetapi menggunakan 6G pada senjata hipersonik lebih menantang.

Beberapa penelitian sebelumnya menemukan sinyal terahertz dalam rentang frekuensi yang lebih rendah yang biasanya digunakan untuk komunikasi dapat memburuk saat melewati plasma. Gelombang frekuensi yang lebih tinggi menembus penghalang lebih efisien tetapi tidak dapat melakukan perjalanan jauh di atmosfer. Senjata hipersonik yang bergerak dengan kecepatan Mach 5 di atmosfer dapat mencapai jarak komunikasi efektif hingga 60 kilometer dengan transceiver 5-watt pada frekuensi tinggi 2 THz, menurut para peneliti dari Universitas Politeknik Northwestern dan Lembaga Teknologi Pengendali Ruang Angkasa Shanghai.

Perangkat terahertz yang dibuat tim Yao bekerja pada frekuensi 2.5 Thz yang sedikit lebih tinggi. Mereka tidak memperkirakan jangkauan teknologi mereka di lingkungan terbuka. Percobaan menunjukkan gelombang terahertz memiliki potensi yang signifikan dalam aplikasi militer, menurut seorang ilmuwan komunikasi dari Akademi Ilmu Pengetahuan China di Beijing, yang meminta tak disebutkan namanya karena sensitifnya isu ini.

Tetapi jika gelombang frekuensi tinggi akan digunakan pada radar untuk pertahanan rudal, radar tersebut harus sangat kuat dan antenanya sangat besar untuk mencapai jangkauan yang lebih jauh, kata peneliti tersebut. China saat meluncurkan satelit 6G pertama di dunia dengan teknologi terahertz pada 2020 untuk melakukan eksperimen komunikasi berkecepatan tinggi di luar angkasa.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Service Komputer

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.