Ramuan Obat Herbal Asam Urat Mudah Dibuat di Rumah



Penyakit asam urat banyak dikeluhkan oleh orang-orang yang baru berusia diatas 30 tahun. Ada beberapa minuman herbal yang dapat mengobati asam urat. Asam urat, penyakit yang umumnya diderita oleh orang-orang berusia 30 tahun keatas. Penyakit ini tidak dapat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Mengutip situs resmi dari Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang disaat menginjak usia diatas 30 tahun. Seseorang penderita asam urat dikarena adanya peningkatan produksi asam urat di dalam tubuh Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. Hal seperti ini menyebabkan seseorang bisa merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jari jari kaki. Bagi seorang yang memiliki asam urant, pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. Asal tahu saja, penyakit asam urat dapat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah banyak mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. Umumya, bagi para penderita asam urat minum obat resep dari dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya adalah, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Ramuan obat herbal asam urat

Belakangann ini, obat herbal mejadi pilihan sebagian masyarakat yang menderita asam urat. Alasannya, obat herbal dianggap minim efek samping dan lebih aman dikonsumsi. Di Indinesia sendiri banyak tanaman herbal dan rempah-rempah yang memiliki khasiat menurunkan asam urat tinggi, contohnya, jahe, kunyit dan cabai jawa. Tidak semua bahan alami bisa dikonsumsi secara langsung untuk mengobati asam urat yang tinggi. Ada beberapa bahan harus dicampur dengan bahan alami lainnya agar dapat efektif menurunkan asam urat tinggi. Berikut ini ramuan herbal yang dapat membantu menurunkan asam urat tinggi.

1. Mentimun dan Jahe Melansir dari situs manado.tribunnews.com, mentimun dan jahe dapat menurunkan asam urat yang tinggi. Seperti di ketahui, mentimun bersifat diuretik alias peluruh kencing yang dapat berperan untuk membuang kelebihan asam urat. Sedangkan jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri asam urat. Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan jahe 7 ons, mentimun 1 buah, seledri 2 batang, lemon setengah buah, dan segelas air 200ml. Anda cuci semua bahan lalu potong mentimun dan seledri menjadi potongan kecil. Setelah itu, peras air lemon lalu masukkan semua bahan ke dalam blender. Anda blender semua bahan sampai menjadi halus. Anda minum jus mentimun jahe tersebut pada pagi hari setelah sarapan.

2. Lemon dan kunyit Lemon dan kunyit, dua bahan alami yang bermanfaat menurunkan asam urat yang tinggi. Melansir dari Fame.grid.id, campuran lemon dan kunyit bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. Dengan catatan, Anda mengonsumsinya secara rutin dan sesuai takaran. Untuk membuat ramuan herbal penurun asam urat tinggi tersebut cukup mudah dibuat. Anda campurkan air perasan lemon (setengah buah) ke dalam air hangat. Kemudian, Anda tambahkan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel. Aduk sampai rata, Anda minum ramuan tersebut dua sampai tiga kali sehari.

3. Lada hitam dengan jahe merah dan kayu manis, Selain jadi bumbu masakan, kayu manis dan lada juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satunya, lada efektif mengobati asam urat. Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, lada mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri. Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan bahan-bahan sebagai berikut. Lada 5 gram Jahe 10 gram Jahe merah 10 gram Kayu manis 1 jari Biji pala 5 gram Kapulaga 5 butir Cengkeh 5 butir Ubi jalar merah 200 gram Gula merah secukupnya Air 1 liter Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sebanyak 500 ml. Anda bagi dua air rebusan tersebut sama banyak. Anda minum air tersebut dua kali sehari dan makan ubi jalarnya.

4. Nanas dan jahe Nanas mengandung bromelain yang bisa menghambat protein penyebab bertambahnya asam urat. Selain itu, nanas juga memiliki sifat antiinflamansi alias anti peradangan. Jahe juga memiliki efek farmakologis antiinflamansi. Kandungan dalam madu dipercaya juga bisa menurunkan asam urat tinggi. Berikut resep membuat ramuan nanas, jahe, dan madu dikutip dari Tribunnews.com. Bahan nanas segar 1 buah, Jahe segar 2,5 cm Kunyit bubuk 1-2 sendok teh Jus ceri hitam 1 cangkir, Madu Jus seledri 1 cangkir. Cara membuat Anda kupas lalu iris buah nanas menjadi bagian kecil-kecil, kemudian blender sampai halus. Tambahkan jus ceri hitam, jus seledri, jahe, kunyit, dan madu secukupnya. Anda aduk-aduk sampai rata kemudian simpan di dalam botol kaca dan masukkan ke dalam kulkas. Anda minum secara rutin sampai 10 hari.

Anda dapat memilih salah satu dari empat ramuan herbal di atas dan meminumnya secara rutin. 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Service Komputer

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.