Tanda-tanda Kucing Hewan yang Cerdas

 


Saat ini terdapat banyak jenis kucing rumahan, kucing salah satu hewan peliharaan paling populer. Bayangkan saja, ada sekitar 600 juta kucing yang saat ini tinggal di dalam rumah tangga di seluruh dunia. Ahli perilaku kucing dan peneliti kucing di Human-Animal Interaction Lab di Oregon State University, Kristyn Vitale, PhD, memberikan pandangannya.

Dia menerangkan, perilaku kucing yang fleksibel membuat banyak manusia yang megemari kucing. Tetapi, meski kita tahu banyak fakta menarik tentang kucing, untuk saat ini sanggat relatif sedikit penelitian yang dikhususkan untuk melihat kecerdasan kucing, atau pun proses mental internalnya.

Bukti kecerdasan kucing berasal dari beberapa penelitian yang menunjukkan kucing dapat dengan mudah menyelesaikan tes "perpindahan yang terlihat". Di mana, kucing melihat suatu objek menghilang dan kemudian mencarinya di tempat terakhir terlihat. Para peneliti mengatakan, kucing tidak hanya dengan mudah menguasai jenis tes ini tetapi semakin tua, kucing semakin baik dalam memecahkan masalah yang ditimbulkan.Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kecerdasan kucing, kita dapat mengamati tanda-tanda yang menunjukkan kucing adalah hewan yang cerdas.

1. Indera penciuman yang kuat Sampai saat ini, para peneliti berfokus terutama pada kognisi fisik kucing, misalnya indera pendengaran, pengelihatan, dan penciuman. Semua indera ini memainkan peran penting bagi kucing sejak lahir, terutama penciuman, karena anak kucing dilahirkan buta tetapi dengan sistem penciuman yang berfungsi. "Indera penciuman kucing yang kuat jelas merupakan sumber kecerdasan dan cara utama kucing melihat dunia," kata Vitale.

2. Memahami keabadian objek Aspek lain dari kognisi fisik kucing yang dipelajari sejak awal adalah "keabadian objek" yakni mengakui bahwa ketika sebuah objek menghilang dari pandangan, objek itu terus ada.

3. Memiliki jam internal Vitale mengungkapkan, kucing memiliki siklus alami, mengetahui kapan perlu berburu dan perlu istirahat. Khususnya, ketika kucing tinggal bersama manusia, kucing cukup pintar untuk menyesuaikan kembali perilakunya. "Kucing bangun dari tempat tidur. Itu sinyal. Di luar terang, jadi waktunya makan. Banyak dari hal-hal ini terkait dan kucing melacaknya seperti itu. Ini disebut pembelajaran asosiatif," kata dia.

4. Menangkap isyarat Human-Animal Interaction Lab juga menitikberatkan penelitian pada kognisi sosial kucing atau bagaimana kucing memandang dan bertindak atas rangsangan sosial di lingkungannya. Salah satu cara untuk menguji kognisi sosial adalah dengan memeriksa bagaimana kucing menangkap isyarat manusia. Ini disebut referensi sosial atau kemampuan kucing untuk menggunakan reaksi emosional seseorang.

5. Keterikatan dengan pemiliknya Ukuran lain dari kognisi sosial yang telah diteliti Vitale adalah keterikatan kucing dengan pemiliknya. "Kami membawa pemiliknya ke luar meninggalkan kucing itu sendirian di kamar dan membawa pemiliknya kembali dalam dua menit kemudian, lalu terjadi interaksi," kata dia. Ketika bersatu kembali dengan pemiliknya, kucing melekat dengan aman. Namun saat pemiliknya pergi, respons kucing merasa tidak aman dan kesal karena pemiliknya pergi. Gaya keterikatan ini mungkin sesuai dengan minggu-minggu dan bulan-bulan awal kehidupan kucing. Studi tentang pengalaman sensorik awal menunjukkan, kucing berusia antara 3-9 minggu perlu banyak berinteraksi dengan manusia, untuk mengembangkan perilaku sosialisasi yang sehat.

6. Bisa mengikuti jari kita Pelatihan awal dapat membantu kucing tetap selaras dengan isyarat manusia seperti menunjuk jari. Memang, sebuah studi dari etolog kognitif, Adam Miklosi, PhD, DSc dan rekannya menemukan bahwa, secara umum, kucing dapat menemukan makanan ketika manusia menunjuknya. Sebuah studi selanjutnya juga memperlihatkan bagaimana kucing bahkan dapat membedakan suara manusia dan vokalisasi kita, menghasilkan perubahan perilaku yang terukur.

7. Dapat mengikuti perintah Menurut Vitale, kucing tahu jika disuruh untuk duduk, datang, dan berdiri. Itu adalah sesuatu yang dilakukannya setiap hari. "Kucing saya bernama Bo sangat cerdas. Dia tahu perintah berdiri, lompat tinggi, melompati rintangan, tos, membunyikan bel, dan banyak lagi," kata dia.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Service Komputer

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.