Tank Boat Pertama di Dunia Siap Perkuat TNI AL

Tank boat pertama di dunia dibuat di Banyuwangi. Bodinya terbuat  dari karbon komposit yang 10 kali lebih kuat dari baja. Meski begitu, karena bobotnya yang ringan, kendaraan ini bisa bergerak cepat dan mampu menghancurkan musuh dari jarak 5 kilometer.

Sosok tank boot ini gagah, gerak-geriknya lincah, dan tampilannya sporty, Namanya Antasena. Dia adalah tank boat buatan dari PT Pindad (Persero), yang diproduksi di sebuah galangan canggih di Banyuwangi. Di kutip dari indonesia.go.id, Setelah sukses menjalani berbagai tes manuver di lautan bebas, Antasena pun berlayar ke perairan Situbondo, menempuh jalur laut sejauh 310 km (pergi dan pulang), untuk menjalani serangkaian uji penembakan.

Di Pantai Paiton yang merupakan area latihan TNI-AL, Tank boot antasena melakukan sejumlah manuver. Meluncur berkelak-kelok, berputar, melambung, sambil melakukan penembakan. Tank boot ini membawa senjata utama yang terus menyalak adalah sepucuk kanon kaliber 30 mm. Proyektilnya bisa menghantam sasaran yang berjarak beberapa ratus meter.

Seperti laiknya tank lain, kabin kru Antasena beratapkan turet, yang terbuat dari alunimiun alloy. Bentuknya seperti kubah yang bisa berputar ke kiri dan kanan. Dengan fleksiblitas putaran turet itu, moncong kanon bisa di-setting terus terarah ke sasaran, meski kendaraan bergerak ke sembarang arah. Selain sepucuk kanon, tank boat ini juga dibekali dua senapan mesin 12,7 mm, yang satu di antaranya bertengger di atap turat.

Sabtu itu, uji coba tank boat Antasena turut disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan, Mayjen Dadang Harya Yudha dan direksi PT Pindad. Dalam keterangan tertulisnya, PT Pindad Persero menyatakan bahwa uji coba berupa sea trial dan firing test dianggap berhasil. Dan, Antasena dinyatakan lolos dalam rangkaian uji coba.

Jangan bayangkan Tank Antasena hanya beroperasi mengejar musuh dengan persenjataan ringan. Antasena disiapkan melawan musuh dengan bersenjata berat pada perang abad 21. Di belakang turetnya ada semacam antena telekomunikasi yang membuatnya terkoneksi ke gudang informasi di dunia maya. Ia bisa mengetahui kondisi medan di sekelilingnya. Antasena juga tahu bentang alam di belakang rimbun bakau di rawa-rawa yang dijelajahinya.

Untuk mendapatkan gambaran yang presisi, Antasena bisa mengoperasikan sebuah drone yang bisa menuntunnya ke sasaran yang harus dilumpuhkan, termasuk tank-tank musuh, baterai arteleri, dan target militer lainnya. Hasil intaian drone itu juga bisa memandu roket Cockerill Falarick 105 mm, yang diluncurkan dengan arah lengkung mirip peluru mortil, menuju sasaran.

Akurasinya terjamin karena peluru bergerak dengan sistem kendali. Roket Falarick 105 mm bisa menjangkau sasaran dalam radius 5 km di darat maupun di laut. Dalam rencana Kemenhan, Antasena juga akan memperkuat alutsista bagi satuan-satuan tempur TNI-AD.


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Service Komputer

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.