Jepang Berencana Kerahkan 1.000 Rudal Jarak Jauh Untuk Tangkal China


Jepang mempertimbangkan untuk mengerahkan 1.000 rudal jelajah jarak jauh guna meningkatkan kemampuannya membalas potensi serangan dari China. Laporan tersebut diwartakan oleh surat kabar Yomiuri pada hari Minggu (21/8/2022), sebagaimana dilansir dari Reuters. Yomiuri mengutip beberapa sumber dari Pemerintah Jepang mengenai pengerahan 1.000 rudal jelajah jarak jauh Jepang tersebut. Rudal-rudal itu akan dimodifikasi dengan persenjataan yang ada untuk memperluas jangkauannya dari 100 Kilometer menjadi 1.000 kilometer. 

Rudal-rudal tersebut rencananya akan ditempatkan disekitar Sulau Nansei di selatan dan mampu mencapai wilayah pesisir Korea Utara dan China. Peluncurannya bisa dilakukan dari kapal maupun pesawat tempur Jepang. Perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Jepang tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters mengenai kabar rencana pengerahan 1.000 rudal jelajah jarak jauh tersebut. 

 

Jepang telah meningkatkan anggaran militernya dan mengambil strategi yang lebih tegas dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi, negara itu menahan diri untuk tidak mengerahkan rudal jarak jauh karena konstitusinya membatasi senjata-senjata yang dapat menyerang sasaran di wilayah asing. Ketegangan regional meningkat pada bulan ini setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan. Beijing kemudian menggelar latihan militer pasca-kunjungan Pelosi. China dalam latihannya tersebut telah menembakkan rudal dan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak